Pengertian Sel Galvani – Ilmu Kimia

Perlu kalian tahu, baterai yang menemani hidup kita selama ini merupakan sebuah pengembangan konsep dari pengaplikasian sel galvani. Mulai dari baterai HP, baterai laptop, aki motor dan baterai yang lainnya. Lalu, apa itu sel galvani? Temukan jawabannya di bawah  ini.

Pengertian Sel Galvani

Sel Galvani atau disebut juga dengan sel volta adalah sel elektrokimia yang dapat menyebabkan terjadinya energi listrik dari suatu reaksi redoks yang spontan. Sel galvani juga dapat diartikan sebagai rangkaian sel elektrokimia yang terdiri dari dua logam disambungkan dengan jembatan garam yang memanfaatkan reaksi redoks dari kedua logam tersebut untuk menghasilkan arus listrik.

Pada dasarnya, energi listrik yang di hasilkan sel galvani dihasilkan oleh transfer elektron dalam reaksi redoks. Energi listrik atau arus yang dihasilkan dapat dikirim ke sirkuit, seperti pada televisi, bola lampu atau perangkat lainnya.

Sejarahnya, Pada akhir abad ke-18 ilmuwan Italia bernama Luigi Galvani menemukan kejadian yang cukup menarik. Seekor katak yang mati ketika di kakinya masing masing diletakkan logam berbeda (seng dan tembaga) secara bersamaan, ternyata kaki katak yang sudah mati tersebut bisa bergerak. Sejak itulah muncul istilah galvanism yang menjadi awal mula terciptanya sel galvani.

Cara Kerja Sel Galvani

Sel galvani terdiri dari dua elektroda logam yang masing-masing dicelupkan dalam larutan garam atau larutan elektrolit dari masing-masing logam tersebut. Untuk Lebih jelasnya simak ilustrasi rangkaian sel galvani berikut.

Pengertian Sel Galvani – Ilmu Kimia
Sel Galvani

Jika logam seng (Zn) dicelupkan sebagian dan ada kontak dengan ZnSO4 (larutan garam dari Zn) dihubungkan dengan logam tembaga Cu yang dicelupkan sebagian ke dalam larutan CuSO4 (larutan garam dari Cu) melalui sebuah kawat penghantar dan diantara kedua larutan tersebut dihubungkan dengan jembatan garam yang berisi larutan lektrolit maka akan terjadi beda potensial dan akan timbul aliran listrik. Itulah definisi dari sel galvani.