Sebagai siswa, khususnya siswa kelas 12 pasti mempunyai kesulitan tersendiri. Dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun kita harus menghadapi banyak sekali ujian dan pelajaran baru. Ujian Tengah Semester, UAS, Try Out, Ujian Kejuruan, USBN, dan UNBK, persiapan SNMPTN, SBMPTN, bahkan Seleksi Mandiri di Universitas pilihan nantinya.
Untuk kalian yang sudah terbiasa belajar dengan rutin mungkin tidak terlalu sulit. Tatapi, bagaimana dengan kalian yang baru mulai semangat belajar di kelas 12?
Oleh karena itu, kami di sini akan memberikan 10 cara menjadi siswa sukses untuk kelas 12.

1. Plan a Head

Sebagai siswa kelas 12, kalian harus cerdas dalam mengatur waktu kalian sespesifik mungkin. Padatnya kegiatan di kelas 12 akan membuat kalian stress kalau kalian tidak bisa mengatur waktu dengan baik.
Sebagai opsi, kalian bias membuat jadwal kegiatan dari mulai kalian bangun tidur sampai kalian akan tidur lagi. Meskipun cara ini tidak 100% diterapkan setiap hari, setidaknya kalian punya acuan supaya tidak menyia-nyiakan waktu.
Opsi lain untuk kegiatan di hari-hari tertentu misalnya tes, ujian atau bimbel, kalian bisa memberi tanda khusus di kalender kalian sendiri. Kalau dari saya sendiri biasanya membuat sebuah catatan di smartphone agar lebih enak dan menjadi sering-sering dilihat.

2. Minimalize Distractions

Yang punya hobi hangout bareng teman sepertinya harus sedikit dikurangi deh kali ini. Yaps! karena kelas 12 ini kalian harus benar-benar mulai fokus dalam belajar dan juga memanfaatkan waktu luang.
Kalau hanya sekedar jalan-jalan di mall mending di tahan dulu deh. It’s okey kalau cuma 1 bulan sekali atau 1 tahun sekali. Karena waktu kalian yang berjam-jam itu bisa kalian manfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat, misalnya membaca soal, interview jawaban, atau yang paling bagus digunakan untuk beristirahat. Karena dengan porsi belajar kalian yang bertambah waktu istirahat kalian juga harus di tambah.
Kurangi juga membuang-buang waktu dan tenaga kalian untuk terlalu aktif di sosial media. Seru sih, tetapi lebih baik kalian menggunakan kuota internet kalian untuk mencari contoh-contoh soal, pembahasan soal dan berbagai hal yang berbau pelajaran lainnya.

3. To Deepen Self-Knowledge

Di kelas 12 ini waktunya kalian untuk mulai merancang bagaimana kehidupan kalian selanjutnya. Ya! kalian harus tahu apa tujuan kalian setelah selesai menghadapi rentetan ujian dan tes yang ada di kelas 12. Apakah kalian memutus kan untuk kerja atau lanjut ke perguruan tinggi.
Untuk jangka pendek atau planning terdekat menjelang ujian, kalian bisa mulai dengan menentukan cara belajar apa yang cocok untuk kalian pakai di kelas 12 ini. Karena masing-masing orang memiliki cara berbeda supaya pelajaran yang di pelajari bisa lebih cepat di serap otak.
Ada yang butuh tempat sepi atau suasana yang tenang, ada yang harus di bimbing mentor dan guru, ada yang harus sambil mendengar kan musik dan lainnya. Intinya pada tahap 3 ini kalian harus benar-benar kenal dengan keinginan diri kalian dulu.

4. Create Study Group

Cara belajar efektif kelas 12 yang ke empat ini unik karena selain kalian bisa belajar, kalian juga bisa lebih mengeratkan tali silaturahmi dengan teman kalian yang sebentar lagi akan berpisah.
Jadi untuk grup belajar ini isinya adalah teman-teman atau orang-orang yang memang akan membantu kalian ketika kalian menemukan kesulitan dalam hal belajar dan juga mereka yang sedang dalam masa belajar seperti kalian.
Banyak media untuk membentuk grup belajar ini, bisa grup whatsapp, line, facebook dan yang laninnya. Yang paling seru kalian bisa langsung berkumpul di salah satu rumah anggota grup untuk belajar bersama.
Ingat ya! Fungsikan dengan benar study group, jangan sampai kalian cuma main-main dan malah membuang waktu kalian.

5. Be Super Productive

Kalian harus benar-benar memanfaatkan waktu luang. Buang jauh-jauh pemikiran kalian untuk bermalas-malasan, bergabut ria, atau sekedar rebahan.
Kalian punya banyak hal yang bisa di kerjakan dan memang harus di kerjakan. Kalian bisa search tentang perguruan tinggi yang kalian minati, otak-atik rumus supaya lebih mudah di ingat, pergi bimbel, belajar bersama study group kalian dan masih banyak lagi.
Jadi jangan menyia-nyiakan waktu dan tenaga kalian untuk hal yang tidak produktif.

6. Prioritize

Belajar cerdas itu penting, kalian harus tau apa aja yang perlu di prioritaskan dan yang tidak. Semisal kalian masih ada kegiatan di luar pelajaran dan menurut kalian tidak berpengaruh bagi masa depan yang sedang kalian tuju, so..! Jangan ragu buat ditinggalkan.
Contohnya ekstrakurikuler, grup, geng dan sebagainya. Kalian bisa beralih ke persiapan tempat kerja, atau persiapan untuk SNMPTN dan SBMPTN.
Tentukan skala prioritas kalian dengan seteliti mungkin.

7. Register for Test

Ini bisa jadi peluang kalian setelah lulus dari kelas 12 dan planning cadangan ketika nanti kalian khawatir tidak akan lolos pada PTN dengan SNMPTN atau SBMPTN.
Kalian bisa mengikuti berbagai tes yang diadakan oleh perguruan tinggi swasta tertentu. PTS biasanya banyak mengadakan tes untuk beasiswa. Tidak ada salahnya kalian untuk mencoba!

8. Take a Break

Dengan semua kegiatan di kelas 12 dan berbagai langkah di atas, jangan sampai kalian kelelahan. Kalau kalian benar-benar lelah dalam belajar dan merasa sudah tidak mampu di ajak berpikir, kalian bisa close buku-buku kalian bisa istirahat sejenak.
Seperti yang saya bilang tadi, jalan-jalan dan refreshing untuk jangka waktu 1 bulan sekali juga tidak masalah. Kalian bisa istirahat dengan cara berjalan-jalan di alam atau quality time bersama keluarga.
Hal tersebut akan membuat pikiran kalian fresh kembali dan membuat semangat lagi ketika beraksi kembali.

9. Eat Good, Pray Good

Menjaga kesehatan adalah hal yang paling penting. Jadi kalian harus menjaga asupan gizi kalian dan energi juga harus selalu di upgrade. Percuma kalau kalian sudah belajar banyak tetapi jatuh sakit ketika ujian karena tidak menjaga kesehatan.
Kelas 12 memang masa-masa yang cukup sulit bagi kalian. Tetapi, ketika kalian berusaha dan berdo’a, kalian akan mendapat hasil yang luar biasa.
Salah satu kekuatan yang bisa kalian andalkan adalah kekuatan do’a sebagai kekuatan tambahan. Kalian bisa meminta restu dan do’a orang tua kalian agar dilancarkan dalam setiap tes dan ujian.

10. Cherish the Moment

Usahankan untuk lebih dekat lagi dengan teman sekelas kalian. Karena itu adalah tahun terakhir kalian menjadi seorang siswa bersama.
Kalian tidak akan tahu kapan kalian bisa bersama lagi. So…, tidak ada salahnya kalian coba lebih akrab dengan teman kalian supaya kelas 12 kalian terasa lebih lengkap.